Mengurus media sosial bukanlah pekerjaan yang mudah. Tool gratis yang akan saya jelaskan dibawah mungkin bisa membantu jadwalkan konten sosial media.

Ide-ide terus berdatangan tanpa henti: harus tetap mengikuti hal baru dan mulai bekerja.

Namun, catatan penting—jika tidak menggunakan alat yang tepat untuk mengelola akun sosmed, bisa jadi yang tampak kurang profesional.

Dan kita tentu tidak ingin itu terjadi, kan?

Jujur saja, ada banyak sekali alternatif untuk Buffe yang akan saya bahas kali ini. Memang, Buffer dan Hootsuite mungkin sudah sering disebut, tapi kadang ada baiknya kita mengeksplorasi alat-alat baru yang mungkin lebih sesuai dan bisa mempermudah pekerjaan kalian.

Lagi pula, menggunakan beberapa alat penjadwalan media sosial sekaligus sudah menjadi hal biasa.

Banyak pengguna cenderung memanfaatkan alat berbeda untuk kebutuhan yang spesifik, sehingga mereka bisa membuat kombinasi alat media sosial yang lebih pas sesuai dengan kebutuhan unik setiap tim dan individu.

Ada banyak hal yang harus dilakukan, dan banyak yang bisa dijelajahi. Siap untuk meningkatkan level permainan dan mendapatkan hasil yang lebih baik? (Tenang saja, kami akan menjelaskan seluruhnya.)

Mari kita mulai!

alternatif buffer social media automation

Alternatif Buffer Mengelola Media Sosial

Dalam postingan ini, kita akan membahas 17 alat penjadwalan media sosial berbeda yang berfungsi sebagai alternatif Buffer—atau setidaknya opsi yang harus dipertimbangkan bersama dengan Buffer.

Kami fokus pada harga serta fitur dan jaringan sosial yang tersedia dibandingkan Buffer.

1. Sosialmonials

Kendalikan media sosial dengan posting otomatis, giveaway yang berpotensi viral, dan analitik yang lebih mendalam.

$69,00 | $1.788,00

Platform ini fokus pada pembuatan berbagai jenis kampanye dengan 16 pilihan tata letak yang beragam. Pengguna bisa mengatur setiap detail postingan menggunakan editor WYSIWYG yang mudah digunakan.

Selain itu, dapat mengadakan undian, mengoptimalkan proses berbagi, mengunggah video ke YouTube, serta menggunakan CRM sosial untuk melacak siapa saja yang mengunduh atau mereferensikan prospek untuk dihubungi nanti.

Rencanakan kalender media sosial hingga satu tahun penuh, dan manfaatkan integrasi dengan berbagai alat dari penyadapphone.com yang mungkin sudah pernah kamu pakai.

Ekstensi Chrome: Tidak

Platform media sosial yang didukung: Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan YouTube.

Kekurangan: Tidak mendukung Pinterest, beberapa pengguna mengatakan antarmukanya terlihat sedikit kuno.

Harga: Mulai dari $15 per bulan (tagihan tahunan) untuk 10 akun media sosial.

Kunjungi: https://www.sociamonials.com/

2. Metricool

Kelola, analisis, dan kembangkan kehadiran digital dari satu platform terpadu.

$129,00 | $144,00

Metricool membantu schedule konten media sosial dengan optimal, menganalisis performa metrik, dan membuat laporan custom white-label secara otomatis.

Kamu juga bisa memantau kompetitor serta mengelola izin, menjadikannya ideal untuk agensi.

Dengan integrasi berbagai media sosial, bisa memonitor semua data klien di satu tempat.

Beberapa pengguna menyebutkan bahwa fitur perencanaan Metricool dapat menggantikan alat seperti Buffer Publish, memungkinkan penjadwalan konten di semua profil sekaligus memantau serta mengelola kampanye iklan langsung dari platform ini.

Ekstensi Chrome: Tidak

Platform media sosial yang didukung: Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, Iklan Facebook, Iklan Google, Google Bisnisku.

Kekurangan: Tidak mendukung posting langsung ke Instagram, tidak ada pemendek tautan, dan belum ada integrasi Pinterest.

Harga: Tersedia versi gratis. Paket berbayar mulai dari $12 per bulan untuk 5 akun.

Kunjungi: https://metricool.com/

3. Hootsuite

Hootsuite adalah platform manajemen media sosial yang banyak digunakan oleh perusahaan besar, seperti yang terlihat dari adopsi di lebih dari 800 perusahaan Fortune 1000.

Platform ini menawarkan fitur yang sangat luas untuk pengelolaan media sosial secara lengkap, mencakup fungsi yang tidak ada di Buffer, seperti manajemen iklan dan kemampuan untuk langsung merespons komentar. (Meskipun Buffer memiliki aplikasi terpisah untuk balasan komentar—Buffer Reply.)

Buffer mungkin memiliki antarmuka yang lebih sederhana, tetapi Hootsuite menawarkan fitur yang lebih mendalam untuk manajemen media sosial yang komprehensif.

Ekstensi Chrome: Ya

Platform media sosial yang didukung: Halaman dan grup Facebook, Twitter, Instagram (profil bisnis), LinkedIn, Pinterest, blog WordPress, dan YouTube.

Kekurangan: Tidak ada pemantauan feed RSS.

Harga: Gratis tersedia. Paket berbayar mulai dari $49 per bulan untuk 10 profil sosial dan 1 pengguna.

Kunjungi: https://www.hootsuite.com/

4. Social Champ

Social Champ memungkinkan membuat, mengedit, dan menjadwalkan hingga 2.000 postingan untuk semua platform media sosial utama.

Beberapa fitur unggulannya termasuk unggahan massal, umpan RSS otomatis, saran konten, antrean, analitik sentimen, kalender media sosial, kolaborasi tim, serta analitik terperinci.

Alat ini juga terintegrasi dengan Canva dan bit.ly, serta menyediakan perpustakaan visual bebas royalti.

Sebagai alternatif Buffer, Social Champ memungkinkan penyesuaian setiap postingan untuk platform tertentu.

Juga bisa melakukan white-label pada laporan dan mengulangi postingan evergreen untuk keterlibatan maksimal.

Ekstensi Chrome: Ya

Platform media sosial yang didukung: Facebook, Twitter, LinkedIn, Google Bisnisku, Instagram, dan Pinterest.

Kekurangan: Posting cerita Instagram hanya bisa dilakukan melalui “Pengingat”.

Harga: Uji coba gratis 7 hari tersedia. Paket berbayar mulai dari $26 per bulan (tagihan tahunan).

Kunjungi: https://www.socialchamp.io/

5. Crowdfire

Awalnya terkenal karena fokus pada Twitter, kini Crowdfire telah berkembang dengan fitur otomatisasi yang menarik, jauh lebih kompleks dibanding Buffer.

Pengguna sangat menyukai fitur kurasi artikelnya, yang secara otomatis mengumpulkan konten relevan dari seluruh web sesuai saluran.

Crowdfire juga memiliki fitur kurasi gambar yang bisa langsung dibagikan. Dengan CRM sosialnya, bisa melacak dan membalas dan mation pengguna Facebook.

Ekstensi Chrome: Ya

Platform media sosial yang didukung: Twitter, Instagram*, Halaman Facebook, LinkedIn, dan Pinterest.

Kekurangan: Tidak mendukung posting langsung ke Instagram, dan sebagian besar fitur terkait Twitter telah dihapus karena perubahan API.

Harga: Gratis tersedia. Paket berbayar mulai dari $7,48 per bulan untuk 2 akun media sosial dan 1 pengguna.

Kunjungi: https://www.crowdfireapp.com/

6. ContentStudio

ContentStudio memberikan rekomendasi konten berbasis AI dan memungkinkan membuat konten untuk berbagai saluran, mengelola UTM, serta mengoptimalkan SEO langsung dari editor.

Dengan “resep otomatisasi”, bisa mengatur daur ulang konten lama atau membuat aturan untuk tampilan postingan tertentu.

Fitur lain seperti laporan white-label, dan tulis ulang konten secara cepat, dan integrasi pemendek tautan membuatnya sangat efektif untuk agensi.

Ekstensi Chrome: Tidak

Platform media sosial yang didukung: Facebook, Twitter, LinkedIn, Tumblr, Instagram*, Pinterest, Google Bisnisku, Medium, WordPress, Shopify, dan Pocket.

Kekurangan: Tidak mendukung posting langsung ke Instagram, dan agak sedikit rumit untuk pengguna baru.

Harga: Mulai dari $39 per bulan untuk 10 akun sosial dan 1 pengguna (tagihan tahunan).

Kunjungi: https://contentstudio.io

7. PromoRepublic

PromoRepublic menawarkan lebih dari 7.500 template postingan dan 100.000 gambar stok, ditambah editor grafis ala Canva, sehingga bisa menciptakan konten sosial tanpa berpindah alat.

Selain itu, alat ini juga memiliki fitur penjadwalan postingan standar dengan tampilan kalender, membuat otomatisasi lebih mudah.

PromoRepublic juga dirancang untuk merek multi-lokasi dan franchise, menjadikannya sangat rekomendasi untuk agensi.

Ekstensi Chrome: Tidak

Platform media sosial yang didukung: Facebook, Instagram*, LinkedIn, Pinterest, dan Twitter.

Kekurangan: Tidak mendukung posting langsung ke Instagram, dan beberapa pengguna berharap ada fitur lebih untuk mengoptimalkan konten evergreen.

Harga: Mulai dari $49 per bulan untuk 10 halaman sosial dan 2 anggota tim (tagihan tahunan).

Kunjungi: https://promorepublic.com/en/

8. Later

Later awalnya dikenal sebagai alat penjadwalan Instagram, tetapi sekarang juga mendukung platform lain seperti Facebook, Pinterest, dan Twitter.

Kamu bisa membuat feed yang bisa dibeli, mirip dengan grid toko Buffer, dan menambahkan beberapa tautan dalam satu postingan untuk feed Instagram yang bisa diklik.

Selain itu, fitur penjadwalan story tersedia di paket yang lebih besar.

Untuk Pinterest, kamu bisa menjadwalkan pin berupa gambar dan video. Later juga memungkinkanmu memindahkan postingan dari satu platform ke platform lain, sehingga kontenmu lebih optimal di setiap kanal.

Ekstensi Chrome: Ada

Saluran sosial yang didukung: Instagram, Facebook, Twitter, Pinterest.

Kekurangan: Tidak ada dukungan LinkedIn; fitur kolaborasi ada, tetapi beberapa agensi mungkin membutuhkan lebih banyak fleksibilitas atau alat yang lebih canggih; penjadwalan story Instagram tidak langsung, namun ada sistem pemberitahuan seperti alat lainnya.

Harga: Gratis untuk digunakan, dengan paket mulai dari $12,50 per bulan (ditagih tahunan) untuk 1 profil per platform dan 60 posting terjadwal.

Kunjungi: https://later.com

9. MeetEdgar

Sebagai alternatif Buffer, MeetEdgar menawarkan fitur bikin konten otomatis, yang mengambil postingan dari perpustakaan konten yang sudah kamu simpan.

MeetEdgar juga dilengkapi komposer pintar yang membantumu menghemat waktu dalam menyusun kalimat di setiap postingan.

Pengguna menyukai tata letak perpustakaan konten yang tidak terbatas, kemampuan membuat variasi otomatis dari konten yang sama, serta kemudahan mengelola beberapa akun sekaligus.

Ekstensi Chrome: Ada

Saluran sosial yang didukung: Halaman dan grup Facebook, Twitter, profil dan halaman perusahaan LinkedIn, Instagram*.

Kekurangan: *Tidak ada postingan langsung ke Instagram, tidak mendukung Pinterest, dan jumlah pengguna terbatas, tidak fokus untuk agensi besar.

Harga: Mulai dari $24,91 per bulan (ditagih tahunan) untuk 5 akun media sosial.

Kunjungi: https://meetedgar.com

10. Amplifr

Amplifr punya algoritma penjadwalan khusus yang membantu menjaga profilmu tetap aktif dengan konten yang menarik.

Dengan fitur kolaborasi langsung dalam alat ini, kamu bisa bekerja sama dengan timmu dengan lebih mudah.

Amplifr juga menyediakan wawasan yang mendalam tentang performa postingan, membantu mengoptimalkan penjualan. Hal ini didukung oleh integrasi Google Analytics, yang tidak dimiliki banyak alat lain.

Ekstensi Chrome: Tidak ada

Saluran sosial yang didukung: Facebook, Twitter, Instagram*, LinkedIn, Pinterest, Tumblr, Viber, Telegram, VK.com, OK.ru.

Kekurangan: *Tidak ada postingan langsung ke Instagram, beberapa pengguna mengalami kesulitan memantau postingan terjadwal, pengembangan fitur yang lebih banyak.

Harga: Mulai dari $24 per bulan (ditagih tahunan) untuk 1 pengguna dan 5 halaman.

Kunjungi: https://amplifr.com/en

11. SocialPilot

SocialPilot adalah satu-satunya di daftar ini yang mendukung penjadwalan video TikTok (sampai konten ini dibuat ya, apabila platform lain sudah tersedia bukan salah saya hehe).

Didesain khusus untuk agensi, SocialPilot memungkinkanmu mengelola akun media sosial untuk banyak klien.

Alat ini juga dilengkapi berbagai fitur berguna, seperti aplikasi mobile, penjadwalan postingan berulang, penargetan audiens canggih di Facebook, solusi white-label yang solid.

Ekstensi Chrome: Ada

Saluran sosial yang didukung: Facebook, Twitter, Instagram*, Google Bisnisku, LinkedIn, Pinterest, Tumblr, TikTok, VK.

Kekurangan: *Tidak ada postingan langsung ke Instagram; beberapa pengguna menyebutkan analitiknya bisa lebih mendalam.

Harga: Mulai dari $42,50 per bulan (ditagih tahunan) untuk 3 anggota tim dan 25 akun media sosial.

Kunjungi: https://www.socialpilot.co

12. SocialBee

SocialBee adalah alat yang memungkinkanmu menjadwalkan postingan, membuat konten, dan memperluas jangkauan audiens.

Penjadwalan berbasis kategori memastikan kamu bisa membagi konten dengan lebih teratur sesuai topik, dan memanfaatkan konten yang selalu relevan dalam alur kerja.

SocialBee juga memiliki fitur pelacakan audiens untuk Twitter, sehingga kamu bisa mengikuti akun yang relevan dan berhenti mengikuti akun yang tidak aktif.

Ekstensi Chrome: Ada

Saluran sosial yang didukung: Facebook, Instagram*, Twitter, LinkedIn, Pinterest*, Google Bisnisku.

Kekurangan: *Tidak bisa postingan langsung ke Instagram dan Pinterest, tapi ada solusi otomatis yang memberi tahu kapan harus posting (dan sudah masuk dalam fitur).

Harga: Mulai dari $19 per bulan untuk 1 pengguna dan 5 profil sosial.

Kunjungi: https://socialbee.com/

13. Missinglettr

Sebagai alternatif Buffer, Missinglettr menawarkan fitur yang unik. Alat ini mengambil konten blogmu dan mengubahnya menjadi postingan media sosial yang dijadwalkan secara otomatis selama setahun!

Banyak yang mengeluhkan bahwa mengelola media sosial itu memakan waktu, tapi Missinglettr bisa menghemat banyak waktu dengan otomatisasi ini.

Dengan teknologi AI, alat ini menyusun salinan postingan dan menambahkan hashtag, membuat penggunaan konten jadi lebih mudah.

Meskipun lebih fokus untuk blogger, alat ini juga memiliki fitur ramah agensi seperti penjadwalan secara langsung, kalender drag-and-drop, dan fitur persetujuan klien satu klik.

Ekstensi Chrome: Tidak ada

Saluran sosial yang didukung: Twitter, Facebook, LinkedIn, Google Bisnisku (segera hadir).

Kekurangan: Saluran terbatas karena alat ini lebih fokus pada konten tertulis.

Harga: Gratis untuk penggunaan dasar, paket berbayar mulai dari $15 per bulan (ditagih tahunan) untuk 3 profil sosial.

Kunjungi: https://missinglettr.com

14. Kontentino

Kontentino adalah alat profesional yang membantu agensi besar mengurangi waktu yang diperlukan untuk mengelola media sosial.

Dilengkapi analitik canggih, alur kerja persetujuan, dan kalender inspirasi untuk klien, alat ini sangat cocok untuk kebutuhan agensi.

Kontentino juga mendukung strategi konten LinkedIn secara menyeluruh, termasuk carousel, video, dan tag.

Bonusnya, kamu bisa meningkatkan postingan Facebook tanpa harus menunggu sampai dipublikasikan.

Ekstensi Chrome: Tidak ada

Saluran sosial yang didukung: Facebook, Twitter, Instagram*, LinkedIn, Pinterest.

Kekurangan: *Tidak bisa postingan langsung ke Instagram, UI sedikit ketinggalan zaman.

Harga: Mulai dari $53 per bulan (ditagih tahunan) untuk 3 pengguna dan 10 profil media sosial.

Kunjungi: https://www.kontentino.com

15. Loomly

Loomly hadir dengan UI yang user-friendly dan integrasi dengan email, push notification, Slack, dan Microsoft Teams. Ini memberi banyak inspirasi untuk membuat dan mengelola postingan media sosial.

Fitur untuk agensi termasuk log versi, mockup postingan dan iklan, serta alur kerja persetujuan, yang mempermudah tim menyelesaikan pekerjaan.

Kamu juga bisa berinteraksi dengan komentar di Facebook, Twitter, dan Instagram. Alat ini cocok untuk agensi yang mengelola berbagai klien.

Ekstensi Chrome: Tidak ada

Saluran sosial yang didukung: Facebook, Twitter, Pinterest, LinkedIn, Instagram*, Google Bisnisku.

Kekurangan: *Tidak bisa postingan langsung ke Instagram.

Harga: Mulai dari $26 per bulan (ditagih tahunan) untuk 2 pengguna dan 10 akun sosial.

Kunjungi: https://www.loomly.com

16. Tailwind

Tailwindapp berfokus pada dua platform: Pinterest dan Instagram. Jika kamu ingin mengoptimalkan strategi di kedua sosial media ini, Tailwind bisa jadi pilihan yang tepat.

Fitur Tailwind Tribes di Pinterest memungkinkanmu bekerja sama dengan pengguna lain, sementara SmartLoop membantu otomatisasi penyematan ulang untuk memperpanjang jangkauan pin.

Untuk Instagram, Tailwind berfungsi sebagai asisten pribadi yang membantu merencanakan postingan, menjadwalkan dengan hashtag, dan mengoptimalkan klik serta konversi lewat Smart.Bio, mirip dengan fitur toko Buffer.

Ekstensi Chrome: Ada

Saluran sosial yang didukung: Instagram, Pinterest.

Kekurangan: Hanya mendukung dua platform sosial.

Harga: Mulai dari $9,99 per akun per bulan (ditagih tahunan).

Kunjungi: https://www.tailwindapp.com

17. Sendible

Sendible menonjol dengan fitur pemantauan merek tingkat lanjut, sangat rekomendasi untuk agensi. Alat ini menyediakan aplikasi mobile yang memudahkan pengelolaan keterlibatan di semua platform sosial.

Pengguna menyukai fleksibilitas penjadwalan dan kemampuan untuk mengatur postingan berulang. Layanan pelanggan Sendible juga sangat baik.

Ekstensi Chrome: Ada

Saluran sosial yang didukung: Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, Google Bisnisku.

Kekurangan: Beberapa pengguna melaporkan masalah dengan aplikasi mobile-nya; tidak ada optimasi postingan untuk beberapa saluran sekaligus.

Harga: Mulai dari $25 per bulan (ditagih tahunan) untuk 1 pengguna dan 6 profil media sosial.

Kunjungi: https://www.sendible.com

Tingkatkan Interaksi Media Sosial

Sekarang telah menemukan alat terbaik: seperti seorang bintang rock, siap mengadakan pertunjukan dan menghasilkan uang darinya.

Meski mungkin masih menggunakan Buffer (atau menghubungkannya untuk posting ke platform tertentu seperti Instagram), menambahkan alat lain ke dalam alur kerja tim bisa sangat membantu dalam memaksimalkan manajemen media sosial.

Ingin meningkatkan performa media sosial? Cek berbagai alat terbaik yang tersedia di penyadapphone.com, dan buat setiap postingan lebih berdampak.

Terima Kasih!

Publish at
Related content
jasa sadap hp iphone icloud hack wa fb telegram dan ig

Jasa Sadap HP iPhone (iCloud) | Hack WA, FB, Telegram, dan IG

Aplikasi Sadap iPhone dan iPad (iOS) Cara mudah sadap iPhone & …

alternatif skype konferensi video dan video call tim terbaik

11 Alternatif Skype, Konferensi Video dan Video Call Tim Terbaik

Sebelum era WhatsApp mendominasi, Skype sudah menjadi alat …

blog
alternatif ms excel software spreadsheet terbaik versi gratis

8 Alternatif MS Excel, Software Spreadsheet Terbaik Versi Gratis

MS Excel, salah satu aplikasi andalan dalam Microsoft Office, sudah …

blog
alternatif jira aplikasi agile project management terbaik

10 Alternatif Jira, Aplikasi Agile Project Management Terbaik

Jika tim kalian pengembangan perangkat lunak yang menggunakan metode …

blog
alternatif picmonkey untuk pengeditan gambar online terbaik

11 Alternatif PicMonkey, untuk Pengeditan Gambar Online Terbaik

Ketika pertama kali coba Instagram di tahun 2011, saya langsung jatuh …

blog
alternatif soundcloud platform hosting podcaster dan music

10 Alternatif SoundCloud, Platform Hosting Podcaster dan Music

Apakah kamu merasa terganggu dengan spam yang sering muncul di …

blog
alternatif hootsuite tool untuk jadwal konten media sosial

10 Alternatif Hootsuite, Tool untuk Jadwal Konten Media Sosial

Hootsuite adalah salah satu alat manajemen media sosial (SMM) yang …

blog
alternatif grammarly pengecekan tata bahasa inggris dan ejaan

13 Alternatif Grammarly, Pengecekan tata bahasa inggris dan ejaan

Orang profesional jelas memperhatikan tata bahasa, baik saat menulis …

blog